Sponsor

BAB IV. PERTEMUAN KEDUA : PRINSIP PERSATUAN DALAM KEBERAGAMAN SUKU, AGAMA, RAS, DAN ANTARGOLONGAN (SARA), SOSIAL, BUDAYA, EKONOMI, DAN GENDER DALAM BINGKAI BHINNEKA TUNGGAL IKA

 

PETUNJUK PEMBELAJARAN :

1.      Baca dan pahami terlebih dahulu artikel dibawah ini

2.      Setelah membaca dan memahami isi artikel, Silahkan Catat kesimpulan dari artikel ini di buku catatan kamu (Waktu 20 menit) INGAT !!!! MEMBUAT KESIMPULAN ITU TIDAK SAMA DENGAN MENCATAT ULANG

Keberagaman masyarakat dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika

Indonesia merupakan negara kepulauan yang penuh dengan kekayaan serta keragaman budaya, ras, suku bangsa, kepercayaan, agama, bahasa daerah, dan masih banyak lainnya. Meskipun penuh dengan keragaman budaya, Indonesia tetap satu sesuai dengan semboyan nya, Bhineka Tunggal Ika.

Keragaman budaya turut serta didukung oleh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia yang terpisah wilayah-wilayahnya oleh lautan.  

Keberagaman bangsa Indonesia adalah suatu kondisi dalam masyarakat yang terdapat banyak perbedaan dalam berbagai bidang. Perbedaan seperti itu ada pada suku bangsa, agama, ras, serta budaya. Keragaman yang ada di Indonesia adalah kekayaan dan keindahan bangsa indonesia. Pemerintah harus bisa mendorong keberagaman tersebut menjadi suatu kekuatan untuk bisa mewujudkan persatuan dan kesatuan nasional menuju indonesia yang lebih baik.

Keberagaman masyarakat Indonesia disebabkan oleh beberapa hal, di antaranya adalah sebagai berikut :

  1. Kondisi negara kepulauan
  2. Letak strategis wilayah Indonesia
  3. Perbedaan kondisi alam
  4. Penerimaan masyarakat terhadap perubahan
  5. Keadaan transportasi dan kumunikasi

Apa Keuntungan Bangsa Indonesia Memiliki Masyarakat yang Beragam

1. Menumbuhkan sikap nasionalisme

Perbedaan budaya yang ada dimasyarakat dapat menciptakan rasa cinta tanah air, karena keanekaragam budaya merupakan suatu kekayaan yang dimiliki suatu bangsa. Ketika kita memandang bahwa keanekaragaman budaya merupakan suatu kekayaan, maka dengan sendirinya kita akan berusaha menjaga kekayaan kita tersebut. Sehingga sikap memiliki dan menghargai kekayaan bangsa dapat muncul di dalam diri kita.

2. Menjadikan keberagaman Sebagai Alat pemersatu bangsa

Dengan memiliki berbagai bahasa daerah, tidak menyebabkan bangsa Indonesia terpecah belah tetapi justru menambah kekayaan perbendaharaan bahasa. Karena keunikan ini merupakan kekayaan yang mana tidak ada negara lain yang memiliki keanekaragaman budaya layaknya Indonesia. Bhineka Tunggal Ika merupakan simbol pemersatu bangsa dan sangat menarik di mata bagsa bangsa dunia.

(UNTUK SESI INI, MENUNGGU PETUNJUK LEBIH LANJUT DARI GURU)

Setelah mencatat kesimpulan dari artikel diatas, PESERTA DIDIK di wajibkan membuat sebuah konten kreatif berupa video, dengan tujuan dapat meningkatkan rasa nasionalisme, BAIK bagi diri sendiri maupun bagi penonton konten tersebut. 

  • Silahkan bergabung dengan kelompokmu (jumlah kelompok 4 orang)
  • Tema Konten adalah : Meningkatkan Persatuan Lewat Perbedaan
  • Silahkan upload Konten Video kreatif  kamu pada social media (youtube),
  • Durasi video adalah 2 menit (Tidak boleh lebih)
  • Literasi Video silahkan cari di sosial media (youtube atau sejenisnya)

  • Kirimkan link Video kamu kesini : UNDUH

Selamat mengerjakan

 

Posting Komentar

0 Komentar