Sponsor

PP KELAS 8 : NORMA DALAM KEHIDUPAN MASYARAKAT

HAKEKAT MANUSIA


Manusia terlahir sebagai makhluk monodualisme. Artinya selain terlahir sebagai mahluk individu, manusia juga terlahir sebagai mahluk sosial.

  1. Sebagai makhluk individu, manusia itu memiliki perbedaan antar satu dengan lainnya.
  2. Sedangkan sebagai mahluk sosial, setiap manusia itu memerlukan orang lain dalam mempertahankan hidup dan kehidupannya.

Dan dalam rangka mempertahankan hidup serta kehidupannya didalam bermasyarakat, terkadang muncul sifat sifat individual manusia, seperti halnya egois, serakah dan lain lain yang cenderung bisa merugikan kepentingan manusia lainnya. Oleh karena itu, dalam kehidupan bermasyarakat inilah diperlukan sebuah pedoman atau batasan berprilaku manusia. Batasan/pedoman tersebut dinamakan dengan norma.

Macam-Macam Norma.

Ada empat macam norma yang berlaku di masyarakat, yaitu sebagai berikut.

  1. Norma kesusilaan, yaitu peraturan hidup yang bersumber dari suara hati nurani manusia. Contohnya, (1) tidak mengambil dompet seseorang yang terjatuh atau tertinggal; (2) tidak menyontek pada saat ulangan atau ujian, (3) Berkata jujur
  2. Norma kesopanan, yaitu peraturan hidup yang bersumber dari pergaulan hidup manusia. Contohnya, (1) berkata sopan kepada orang tua; (2) menggunakan tangan kanan menunjukkan sesuatu dan sebagainya.
  3. Norma agama, peraturan hidup yang bersumber dari wahyu Tuhan. Contoh- nya, (1) melaksanakan ibadah sesuai dengan ajaran agama yang dianutnya; (2) menjauhi larangan yang diperintahkan oleh Tuhan dalam kitab suci.
  4. Norma hukum, peraturan hidup yang dibuat oleh badan-badan resmi negara yang bersifat mengatur dan memaksa setiap warga negara. Contohnya, (1) kewajiban memilki SIM bagi pengendara kendaraan bermotor; (2) menggunakan helm bagi pengendara kendaraan bermotor roda dua (motor).

Manfaat mentaati norma bagi diri sendiri.

  1. Membuat hidup menjadi tenang.
  2. Membuat pergaulan menjadi rukun, tertib dan damai.
  3. Mengendalikan tingkah laku 

Mengapa Norma diperlukan dalam kehidupan bermasyarakat ?

  1. untuk melindungi kepentingan- kepentingan manusia sehingga dapat terwujud ketertiban dan kedamaian dalam kehidupan.
  2. Sebagai pedoman dalam bertingkah laku. Norma memuat aturan tingkah laku masyarakat dalam pergaulan sosial.
  3. Menjaga kerukunan anggota masyarakat. Norma mengatur agar perbedaan dalam masyarakat tidak menimbulkan kekacauan atau ketidaktertiban.
  4. Sistem pengendalian sosial. Tingkah laku anggota masyarakat diawasi dan dikendalikan oleh aturan/norma yang berlaku. 
TUGAS INDIVIDU
  1. Setelah selesai mencatat resume materi diatas. Silahkan kerjakan tugas berikut secara individu pada buku catatan kamu.
  2. Setelah selesai membuat resume, silahkan UNDUH tugas selanjutnya. UNDUH

Posting Komentar

0 Komentar