Sponsor

Nilai-Nilai Pancasila Sesuai dengan Perkembangan Zaman



By : Agus Suherlan


Keterbukaan Ideologi pancasila Mengandung Nilai-nilai Sebagai Berikut

1. Nilai Dasar

2. Nilai Instrumental

3. Nilai Paraksis

Nilai dasar yaitu hakikat kelima sila Pancasila yaitu ketuhanan, kemanusiaan, persatuan, kerakyatan dan keadilan. Nilai-nilai dasar tersebut merupakan esensi dari sila-sila Pancasila yang sifatnya universal, nilai-nilai dasar tersebut terkandung cita-cita, tujuan, serta nilai-nilai yang baik dan benar.Cita-cita dan tujuan dari negara kita tercantum dalam pembukaan UUD 1945 yaitu alinea II dan IV.

Nilai Instrumental adalah penjabaran lebih lanjut dari nilai dasar yang terkandung dalam pembukaan UUD 1945, penjabaran itu dilakukan secara kreatif dan dinamis dalam batas-batas yang tidak boleh bertentangan dengan nilai-nilai dasar yang dijabarkannnya. Penjabaran itu dalam bentuk Ketetapan MPR, peraturan perundang undangan, dan kebijakan-kebijakan pemerintah lainnya.

Nilai praktis merupakan realisasi nilai-nilai instrumental dalam bentuk pengamalan yang bersifat nyata dalam kehidupan sehari-hari, dalam bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Menurut Alfian, Pancasila memenuhi syarat sebagai ideologi terbuka dan dinamis sebab nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila mengandung tiga dimensi. Ketiga dimensi dalam Pancasila adalah Dimensi Realitas dan Dimensi Fleksibilitas, Dimensi Idealitas, Dimensi Normatif.

Untuk lebih jelasnya mengenai Kandungan nilai-nilai didalam Pancasila, kita simak Tayangan Video Berikut Ini :

Klik Video : DISINI    

Tugas :

  1. Sebutkan dan jelaskan 3 nilai yang terkandung dalam Pancasila ?
  2. Apa yang dimaksud dengan Dimensi Realitas?
  3. Jelaskan Perbedaan Ideologi terbuka dan Ideologi tertutup !

Jawaban ditulis Pada lembaran kertas, dan dikumpulkan melalui kordinator OSIS. 

Terima Kasih.  Selamat beraktivitas, Tetap Jaga Kesehatan, Hindari Kerumunan, Rajin memakai masker dan cuci tangan menggunakan sabun. == #lawancovid-19



Posting Komentar

0 Komentar