Sponsor

JENIS ARTIKEL


Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), artikel adalah karya tulis lengkap, misalnya laporan berita atau esai dalam majalah, surat kabar, dan sebagainya. Artikel dapat diartikan sebagai sebuah karya tulis yang berisi gagasan, opini, die, atau informasi yang dipublikasikan melalui beberapa media.

Penulisan sebuah artikel bertujuan untuk menyampaikan gagasan yang sesuai dengan data dan fakta. Selain berupa fakta, artikel juga bisa memuat gagasan yang berupa opini yang menanggapi suatu permasalahan yang terjadi dalam kehidupan bermasyarakat.

Struktur Artikel
Sebuah artikel memiliki struktur yang membangunnya. Berdasarkan penjelasan dalam buku Pengantar Jurnalistik,berikut ini adalah struktur dalam tulisan artikel:

  1. Judul (head)
  2. Pendahuluan (intro) semacam lead dalam berita atau feature.
  3. Penghubung intro dengan isi tulisan, berupa identifikasi masalah.
  4. Isi tulisan atau uraian (body) biasanya terdiri ada beberapa sub judul.
  5. Penutup (ending) biasanya berupa kesimpulan, ajakan berbuat sesuatu, atau pertanyaan tanpa jawaban.
Jenis-Jenis Artikel
Artikel memiliki beberapa jenis yang berbeda dan memiliki gaya tersendiri. Berikut ini adalah beberapa jenis artikel yang perlu diketahui.

1. Narasi
Artikel narasi adalah jenis artikel yang isinya menceritakan tentang rangkaian peristiwa secara sistematis. Di dalam narasi terdapat tokoh, konflik, dan juga penyelesaian. Contoh dari artikel narasi adalah autobiografi, biografi, dan kisah pengalaman.

2. Deskripsi
Artikel deskripsi adalah jenis artikel berupa tulisan yang menggambarkan suatu hal kepada pembaca. Dalam hal ini, seolah-olah pembaca bisa merasakan, melihat, dan mendengar isi dari deskripsi tersebut.

3. Eksposisi
Artikel eksposisi adalah jenis artikel yang isinya menjelaskan atau memberikan informasi tentang suatu topik yang tujuannya menambah wawasan pembacanya. Artikel eksposisi umumnya dilengkapi dengan gambar, grafik, dan informasi pendukung lainnya.

4. Persuasi
Artikel persuasi adalah artikel yang isinya bertujuan untuk mempengaruhi pembaca sehingga bersedia untuk melakukan sesuatu yang disarankan penulis dalam tulisannya. Artikel ini biasa digunakan dalam gerakan kampanye, contohnya kampanye mengenai bahaya narkoba.

5. Argumentasi
Artikel argumentasi merupakan suatu karangan yang dibuat untuk membuktikan kebenaran mengenai suatu pendapat dengan menyajikan fakta atau data sebagai alasan. Di dalam artikel ini, biasanya terdapat unsur opini dan data yang mendukung opini.


Posting Komentar

0 Komentar